+628118014006 hello@fergara.org

wo pernikahan

Meriah dan suksesnya acara pesta pernikahan, tak luput dari tangan dinginnya tim WO pernikahan.  Dengan kemampuan yang dimilikinya, membuat pesta pernikahan berjalan sesuai rencana dan jauh dari kata gagal. Namun, apasih WO pernikahan itu ? dan apa saja yang dikerjakan oleh WO pernikahan ? 

WO merupakan singkatan dari kata Wedding Organizer, sedangkan wedding organizer sendiri merupakan jasa perencana dan pelaksana pernikahan yang membantu setiap mempelai dalam melangsungkan pesta pernikahan. Dengan menggunakan jasa wedding organizer setiap mempelai tidak perlu mengeluarkan seluruh tenaga dan pikirannya, karna sebagian besar kebutuhan pesta pernikahan dapat dikatakan ditanggung dan dikerjakan oleh tim wedding organizer. Adapun tugas yang dikerjakan oleh Wedding Organizer dari sebelum acara pernikahan hingga selesainya acara pernikahan ialah sebagai berikut.

  1. Membuat Perencanaan Pernikahan

Tugas utama WO pernikahan ialah membuat perencanaan pernikahan. Dalam perencanaan awal, biasanya tim wedding organizer menawarkan semua paket pernikahan kepada calon kliennya lalu menjelaskan secara rinci dari tiap paket pernikahan yang ditawarkan. Hal itu dilakukan agar calon klien tertarik dengan apa yang ditawarkan oleh tim wedding organizer dan calon klien dapat menentukan konsep pernikahan yang diinginkannya. Biasanya paket pernikahan yang ditawarkan meliputi gedung pernikahan, konsep pernikahan (adat atau yg lainnya), tata rias / tata busana, catering pernikahan dan dekorasi pernikahan.

Setelah klien menentukan paket pernikahan, langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh tim wedding organizer ialah memberikan gambaran tentang estimasi harga, sering sekali pada momen ini banyak klien yang keberatan dengan mahalnya harga yang diestimasikan. Namun tidak perlu khawatir, kamu sebagai klien dapat bernegosiasi jika harga yang diestimasikan tidak sesuai dengan anggaran yang kamu miliki. Setelah semuanya disepakati langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh tim wedding organizer ialah membuat perencanaan pernikahan dari konsep pernikahan yang sudah dipilih oleh klien, biasanya pada tahap ini tim wedding organizer akan memberikan gambaran tentang konsep pernikahannya melalui video atau foto pernikahan sebelumnya.

  1. Merancang dan Mempersiapkan Acara Pernikahan

Setelah ditahap perencanaan pernikahan sudah disepakati kedua belah pihak dan sudah tau konsep pernikahan yang akan dilangsungkan seperti apa. Pekerjaan selanjutnya WO pernikahan ialah merancang dan mempersiapkan acara pernikahan, seperti penyusuan acara dan rundown acara pernikahan. Dalam penyusuan rundown acara, tim wedding organizer diharapkan untuk menyesuaikan rundown dengan waktu penggunaan gedung, jangan sampai melewati durasi yang sudah ditentukan. Selain itu, tim wedding organizer juga harus teliti dan tepat dalam membuat susunan acara pernikahan.

Adapun susunan acara pernikahan yang biasa dilakukan dimulai dari susunan acara akad nikah, meliputi pembukaan acara, khutbah tentang nikah, ijab & kabul, doa nikah, penandatanganan buku nikah, serah terima mahar, tukar cincin, nasihat pernikahan lalu penutupan. setelah prosesi akad nikah selesai, biasanya acara selanjutnya ialah resepsi pernikahan. Pada acara ini lah tim wedding organizer khususnya tim catering harus sudah siap dalam mempersiapkan dan memberikan sajian kepada tamu undangan yang datang. 

  1. Melakukan perincian anggaran bersama wo pernikahan

Sering kali setiap mempelai yang mempunyai aktivitas yang padat memberikan kepercayaannya kepada wedding organizer untuk merincikan anggaran pernikahannya. hal itulah yang membuat wedding organizer wajib merincikan dan menjelaskan kepada mempelai mengenai anggaran dana dan juga biaya yang dikeluarkan dipernikahannya. Tim wedding organizer tidak boleh salah dalam merincikan total anggaran biaya pernikahan. Oleh karna itu pekerjaan WO pernikahan memang pekerjaan yang menantang dan diperlukan ketelitian, apalagi pada saat merincikan anggaran pernikahan kliennya.  Jika tim wedding organizer salah dalam merincikan anggaran, hal itu akan merugikan pihaknya sendiri. Karna setiap mempelai tidak ada yang ingin menanggung kerugian dan mengeluarkan biaya tambahan di pernikahannya.

  1. Survey Lokasi Pernikahan

Tugas selanjutnya yang wajib dilakukan oleh tim wedding organizer setelah mendapati persetujuan mengenai anggaran dana dari kliennya ialah mendatangi lokasi atau tempat pernikahan. Tim wedding organizer akan mencari gedung yang cocok dan sesuai dengan konsep pernikahan serta anggaran kliennya, sebisa mungkin harga gedung yang akan disewa sesuai dengan rincian anggaran yang sudah dibuat. Karna gedung merupakan biaya yang paling mahal dan berbeda – beda harganya antara gedung yang satu dan lainnya.

WO pernikahan perlu mencari informasi detail mengenai penyewaan gedung pernikahanya, apakah bisa disesuaikan dengan tanggal pernikahannya atau tidak. Setelah tanggal dan harga gedung sekira nya sudah cocok, tim wedding organizer perlu menginformasikan kepada kliennya dan menentukan waktu untuk melakukan technical meeting antara vendor gedung dan kliennya guna membahas kebutuhan pesta pernikahan dan jalannya pernikahan di hari yang sudah ditentukan.

  1. Menjalankan Acara Pesta Pernikahan

Jika hari pernikahan telah tiba, ini adalah inti dari pekerjaan WO pernikahan. Tim Wedding Organizer harus datang lebih awal dan mengecek semua kebutuhan yang berkaitan dengan pesta pernikahan, dan dua hal yang harus diperhatikan oleh tim wedding organizer ialah persediaan makanan dan juga kesiapan panitia acara dalam menjalankan acara pernikahan.  Setelah itu, Tim wedding organizer memberikan rundown susunan acara kepada tim pelengkap pesta pernikahan, seperti bridesmaid, panitia dan yang lainnya, agar acara yang akan dilaksanakan sesuai dengan waktu dan aba – aba yang sudah ditentukan. 

Diharapkan pada hari pernikahan tiba, tim wedding organizer sudah selesai berurusan dengan pihak-pihak yang membantu jalannya acara pernikahan, seperti vendor-vendor, agar tidak terjadi miskomunikasi dan akhirnya memberikan dampak pada jalannya pesta pernikahan.

  1. Memastikan Acara Pesta Pernikahan Selesai

Walaupun acara pesta pernikahan sudah selesai, bukan berarti tim wedding organizer tidak memiliki tugas. Justru setelah selesainya acara, tim wedding organizer harus memastikan kembali bahwa semuanya berakhir dengan baik dan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. Tim wedding organizer juga harus memastikan barang-barang berharga milik kliennya, seperti memastikan penempatan seserahan, mahar hingga sisa makanan yang belum habis, dan yang paling terpenting tim wedding organizer juga harus memastikan kotak amplop tersimpan dengan aman.

Jika sudah selesai memastikan barang-barang, Tim wedding organizer juga harus mencari dan membentuk tim lain untuk membereskan dekorasi ruangan dan properti yang digunakan untuk keberlangsungan acara pesta pernikahan. Jika dekorasi ruang sudah beres dan gedung pernikahan sudah kosong, tidak ada apa apa lagi. Maka dapat dipastikan pekerjaan wedding organizer sudah selesai.

Nah, bagaimana dengan ulasan di atas ? tentunya kamu sudah tau kan apa saja pekerjaan yang dilakukan oleh WO pernikahan. Pekerjaan ini memang terlihat mudah, hanya menjalankan acara pernikahan. Namun kamu harus tau bahwa pekerjaan wedding organizer membutuhkan kesabaran, ketelitian, kecekatan, dan juga harus memberikan effort yang maksimal agar acara pesta pernikahan berjalan lancar, meriah dan memberikan kesan yang positif bagi para tamu undangan.