+628118014006 hello@fergara.org
Susunan Acara

Pernikahan menjadi momen kebahagiaan sekaligus momen menegangkan bagi setiap mempelai. Sering kali setiap mempelai memperhitungkan dan mempersiapkan pernikahannya dari jauh – jauh hari bahkan dari bulan – bulan sebelumnya. Hal itu dilakukan agar pernikahan yang akan dilangsungkan berjalan dengan lancar dan tidak terjadi kesalahan, terutama pada rundown acara resepsi pernikahan / susunan acara atau rundown pernikahan.

Dalam mempersiapkan dan menyelenggarakan acara pernikahan, setiap orang mempunyai cara yang berbeda – beda, ada yang menggunakan jasa wedding organizer dan juga ada yang tidak. Jika kamu mempunyai aktivitas yang padat sehingga tidak mungkin untuk mempersiapkan sendiri kebutuhan pesta pernikahanmu, kami sarankan untuk menggunakan jasa wedding organizer. Namun jika sekiranya kamu memiliki waktu senggang yang banyak, dan kamu yakin bisa mempersiapkan segala kebutuhan pesta pernikahan kamu, tidak menggunakan jasa wedding organizer bukan masalah buat kamu, itu hanya option saja.  Maka dari itu kami ingin mengulas tentang rundown acara resepsi pernikahan  / susunan acara  pernikahan buat kamu yang tanpa menggunakan jasa wedding organizer dan belum tau apa saja susunan acara yang biasa dilakukan dalam menyelenggarakan acara pernikahan di gedung. Simak yaa

Baca Juga : Wedding Organizer

Rundown Acara Resepsi Pernikahan

Dalam melangsungkan pernikahan, setiap pasangan akan melakukan akad nikah terlebih dahulu. Akad nikah merupakan upacara keagamaan untuk menikahkan kedua mempelai secara sah di hadapan Tuhan. Biasanya momen ini dilangsungkan sangat sakral dan penuh penghayatan, sehingga sering sekali terjadi isak tangis bahagia antara orang tua dan anaknya.

Berikut rundown acara resepsi pernikahan yang biasa dilakukan dalam prosesi acara akad nikah:

Susunan Acara Pernikahan

  1. Pembukaan. Dalam acara pembukaan biasanya dipimpin oleh ustad atau mc acara akad nikah dengan melafadzkan kalimat “Bismillahirahmanirrahim” dan juga membaca doa – doa pendek yang dimaksudkan agar acara akad nikah yang dilangsungkan berjalan dengan lancar tanpa terjadi gangguan apapun dan tentunya di ridhoi dan diberikan berkah oleh Allah SWT.
  1. Pembacaan Sari Tilawah Quran. Setelah pembukaan acara akad nikah, maka acara selanjutnya berdasarkan rundown acara resepsi pernikahan yaitu pembacaan ayat alquran yang membahas mengenai pernikahan. Hal itu dimaksudkan agar calon mempelai memahami dasar tentang pernikahan yang sudah dijelaskan didalam ayat alquran. Pada momen ini diharapkan setiap calon mempelai untuk meresapi lantunan ayat – ayat suci alquran yang sedang dibacakan oleh Qori atau ustadz.
  1. Khutbah tentang pernikahan. Dalam sesi khutbah ini biasanya akan disampaikan langsung oleh pihak penghulu, yang bermaksud untuk memberikan bekal dan juga dakwah kepada calon mempelai serta tamu yang datang agar memahami pentingnya pernikahan dan juga pentingnya menjaga keutuhan setelah menikah. 
  1. Ijab dan Kabul. Sesi selanjutnya dalam rundown acara resepsi pernikahan merupakan salah satu sesi puncak dari segala persiapan pernikahan. Pada sesi ini biasanya semua anggota keluarga baik itu dari mempelai pria maupun mempelai wanita hadir dan menyaksikan prosesi pernikahan. Biasanya prosesi ijab dan kabul ini dilakukan antara orang tua atau wali mempelai wanita dengan mempelai pria, prosesi ini dimaksudkan untuk menikahkan putrinya kepada mempelai pria yang menjadi pilihannya secara sah. 
  1. Doa Nikah. Jika prosesi ijab dan kabul sudah selesai, biasanya penghulu atau pemuka agama yang sudah kamu undang, untuk selanjutnya membacakan doa akad nikah, dengan doa akad nikah ini dimaksudkan agar prosesi ijab dan kabul yang sudah dilaksanakan membawa berkah untuk kedua mempelai, pada sesi ini kedua mempelai juga sudah dapat dinyatakan sebagai suami dan istri. 
  1. Penandatangan Buku Pernikahan. Setelah kedua mempelai sudah dinyatakan sah menikah didalam agama. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh kedua mempelai adalah menandatangi buku atau dokumen pernikahan, hal ini dilakukan agar kedua mempelai dinyatakan sah menikah didalam hukum yang sudah ditetapkan oleh negara.
  1. Serah Terima Mahar Pernikahan. Selanjutnya mempelai pria akan menyerahkan mahar secara simbolis kepada mempelai wanita, biasanya mahar yang diberikan oleh mempelai pria ialah uang nominal, emas atau alat seperangkat soal. 
  1. Tukar Cincin Pernikahan. Sesi yang satu ini ialah sesi yang di damba – dambakan setiap mempelai, karna pada saat sesi tukar cincin artinya kedua mempelai sama – sama saling mengikat pernikahannya.
  2. Memberikan Nasihat Pernikahan. Selain memberikan khutbah, penghulu juga akan memberikan nasihat kepada kedua mempelai. Nasihat ini dimaksudkan agar kedua mempelai mengetahui batas batasan sebagai seorang suami dan istri, serta apa saja yang boleh dilakukan sebagai pasangan suami dan istri.
  1. Penutupan Acara Akad Nikah. setelah penghulu selesai memberikan nasihat pernikahan kepada kedua mempelai, sesi selanjutnya adalah sesi penutup. Biasanya pada sesi ini akan dilakukan dengan pembacaan doa penutup oleh ustadz atau penghulunya langsung.

Baca Juga : Tips Memilih Wedding Organizer yang Baik dan Benar

Rundown Susunan Acara Pernikahan

Setelah acara akad nikah selesai, biasanya rundown acara resepsi pernikahan selanjutnya ialah resepsi pernikahan. Namun terkadang ada mempelai yang melangsungkan resepsi pernikahannya dilain hari dan juga ada yang melangsukan resepsi pernikahan langsung setelah prosesi akad nikah. Biasanya kebanyakan mempelai akan melangsungkan resepsi pernikahannya 3 jam setelah prosesi akad nikah. Hal itu dilakukan agar pernikahan cepat selesai dan juga tidak memerlukan waktu lebih.

Berikut susunan dan rundown acara resepsi pernikahan yang umum dilakukan:

  1. Pembukaan Resepsi Pernikahan. Dalam rundown acara resepsi pernikahan pembukaan menjadi susunan acara resepsi nikah yang paling awal dilakukan, biasanya pada saat pembukaan acara akan dipandu oleh MC pernikahan. Setelah itu biasanya akan ditampilkan hiburan seni tarian yang sudah disiapkan oleh panitia acara atau tim wedding organizer.
  1. Penyambutan Kedatangan Pengantin. Susunan acara resepsi nikah selanjutnya ialah penyambutan kedua mempelai untuk memasuki lokasi dan duduk ditempat pelaminan yang sudah disediakan.
  1. Ucapan Selamat Kepada Pengantin. Jika kedua mempelai sudah duduk bersebelahan di kursi pelaminan. Susunan acara resepsi pernikahan selanjutnya  yang umum dan sering dilakukan ialah pemberian ucapan kepada pengantin. Pada sesi ini biasanya para tamu undangan mendatangi dan memberikan ucapan selamat  dengan berjabat tangan kepada pengantin dan juga orang tua pengantin.
  1. Menikmati Hidangan. Setelah memberikan ucapan selamat kepada pengantin dan juga orang tua pengantin, para tamu undangan selanjutnya dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang sudah disediakan. Sesi menikmati hidangan ini sudah dipastikan selalu ada didalam susunan acara resepsi nikah.
  1. Special Perfomance dan Foto Bersama. rundown acara resepsi pernikahan yang tidak boleh ketinggalan dan wajib ada ialah special performance dan foto bersama. Tim wedding organizer biasanya membuat sesi ini untuk memeriahkan acara pesta pernikahan, yaitu dengan bernyanyi atau foto bersama pengantin dan teman.
  1. Penutupan Acara Resepsi Pernikahan. Setelah semua acara selesai dan para tamu undangan sudah menikmati hidangan, biasanya pembawa acara atau MC akan menutup resepsi pernikahan yaitu dengan mengucapkan selamat kepada pengantin dan juga keluarga pengantin serta memberikan penghormatan dengan memberikan ucapan terimakasih kepada para tamu undangan dan juga seluruh tim atau panitia yang sudah membantu jalannya resepsi pernikahan. Penutupan ini menjadi susunan acara respsi nikah yang paling akhir yang pasti dilakukan disetiap acara – acara pernikahan.

Baca Juga : Contoh Menu Buffet Fergara Catering

Nah itu dia rundown acara resepsi pernikahan yang harus kamu ketahui  dan pastinya ulasan diatas juga bisa kamu jadikan referensi jika kamu ingin menyusun acara pernikahan mulai dari akad nikah hingga resepsi pernikahan. Semoga pernikahan kamu lancar ya.