+628118014006 hello@fergara.org
Syarat Menikah

Penting! Syarat Menikah yang harus kamu tahu – Jika Kamu Berencana Menikah, apakah Kamu sudah tahu bagaimana caranya dari awal hingga akhirnya nanti akan terjadi Ijab Kabul dalam Akad Nikah Hingga Menerima Surat yang sah,Nah Pastinya Kamu Akan Mempersiapkan Segala Hal yang dibutuhkan supaya berjalan dengan Lancar, Termasuk Syarat Menikah, Bagi Pernikahan sesama Warga Negara Indonesia (WNI), dalam melakukannya Prosesnya Relatif Singkat dan Mudah karena dokumen yang diMinta Tidak Terlalu Rumit.

Sebenarnya Syarat Menikah Umum ini di setiap daerah di indonesia itu Sama Saja, Karena Masih di bawah naungan pemerintah dan Kementrian Agama. Namun, Setiap daerah ini memiliki peraturan sendiri dari Gubernur yang bisa menambahkan beberapa syarat tambahan di samping dari syarat Utama sebelumnya.

Bagi Pasangan yang Berbeda Kewarganegaraan, yakni Warga Negara Indonesia dengan Warga Negara Asing , Persyaratan yang akan diminta akan sedikit lebih rumit dan memiliki waktu yang cukup panjang , Karena membutuhkan berbagai dokumen dari Kedua Negara Tersebut.

“Yang pasti harus Punya Pasangan! Sebagai Syarat Menikah”

Syarat Administrasi Nikah yang perlu di Penuhi.

Syarat Menikah

Berdasarkan PMA nomor 20 Tahun 2019, Ada Beberapa Dokumen Sebagai Syarat Menikah yang harus kamu Persiapkan, Di Antaranya Sebagai Berikut:

1.Pengantar Dari RT/RW setempat

2.Fotocopy KTP

3.Fotocopy Kartu Keluarga

4.Fotocopy KTP orang Tua / wali

5.Surat Pengantar Nikah dan Kelurahan

6.Pas Foto dengan Ukuran 2 x 3 Sebanyak 5 Lembar

7.Pas Foto dengan Ukuran 4 x 6 Sebanyak 2 Lembar

Surat yang Perlu di urus Selanjutnya :

1.N1 – Surat Pengantar Nikah yang di dapat dari Kelurahan Atau Desa.

2.N3 – Surat Persetujuan Mempelai.

3.N5 – Surat Izin Orang Tua, Jika Calon Pengantin Berumur di bawah 21 Tahun.

4,Surat Akta Cerai, Jika Calon Pengantin Sudah Bercerai.

5.Surat Izin Kepada Komandan Jika Calon Pengantin  Seorang Abdi Negara TNI atau POLRI.

6.Surat Pengantar Kematian, Jika Calon Pengantin Duda atau Janda yang Telah diTinggal Oleh Pasangan yang Meninggal.

7.Izin atau Dispensasi Pengadilan Agama , Apabila :

-Calon Suami atau Calon Istri Memiliki Umur yang Kurang dari 19 Tahun

-Izin Melakukan Poligami

Sedangkan Untuk Syarat Menikah dengan WNA adalah :

1.Pengantar Dari RT/RW setempat

2.Fotocopy KTP

3.Fotocopy Kartu Keluarga

4.Fotocopy KTP orang Tua / wali

5.Surat Pengantar Nikah dari KUA kecamatan dan Kelurahan, Jika Pernikahan dilangsungkan di Wilayah Luar Tempat Tinggal Calon Pengantin.

6.Pas Foto Ukuran 2 x 3 Sebanyak 5 Lembar

7.Pas Foto Ukuran 4 x 6 Sebanyak 2 Lembar

Tapi, Di Tahun 2020 ini Syarat menikah sudah ada aturan berbeda dengan Tahun yang ada Sebelumnya. Di Tahun 2020 ini, Pemerintah Sudah Mulai Mewajibkan Kepada Para Calon Pengantin di Indonesia untuk yang Hendak Menikah agar Memiliki Sertifikat Layak Nikah Sebagai Syarat Menikah

Program dari Pemerintah ini yaitu dengan Sertifikat Layak nikah ini memiliki tujuan untuk mengetahui Kesehatan calon Pengantin Sebelum Menikah,calon Pengantin ini akan dibekali atau diberikan edukasi dan Informasi terkait Kesehatan Fisik maupun Psikis dan Memastikan Calon Pengantin Sudah Siap Dalam Berumah Tangga dan Sebagai Penunjang Selain Dari Syarat Menikah

Untuk mendapatkan Sertifikat Layak Nikah ini Terbilang Mudah untuk diDapatkan, Calon Pengantin Hanya Perlu Membawa Surat Pengantar yang diperlukan dan di informasikan dari Kelurahan dan Mendaftar ke Puskesmas Terdekat. 

Itulah Syarat Menikah yang di Perlukan dan Kamu harus Tahu, Semoga Artikel ini Membantu Kamu jika hendak Menikah Ke depannya , Terima kasih.

Rekomendasi Hal yang Perlu di Persiapkan Dalam Pernikahan