+628118014006 hello@fergara.org
hantaran pernikahan sederhana

Hantaran Pernikahan Sederhana – Pernikahan merupakan momen sakral bagi setiap pasangan. Bagaimana tidak ? Sebelum beranjak ke pesta pernikahan setiap pasangan diharuskan untuk lebih dulu melakukan prosesi Before Wedding, yaitu lamaran dan tunangan.

Prosesi lamaran dan tunangan ini tidak hanya untuk memperkenalkan satu sama lain ya teman – teman, melainkan juga memperkenalkan budaya dan nilai – nilai yang diyakini kedua calon mempelai. Pada prosesi ini juga, biasanya diikuti kegiatan seserahan atau hantaran pernikahan, yang dianggap sebagai bagian dari adat istiadat. Hantaran pernikahan ini juga merupakan simbolis bahwa pihak pria sanggup untuk menghidupi atau menafkahi wanitanya dan keluarganya kelak. Hantaran pernikahan ini memang sekedar barang biasa untuk memeriahkan acara saja, namun yang perlu diketahui ialah makna mendalam dibaliknya. Berikut beberapa inspirasi hantaran pernikahan sederhana buat kamu yang ingin mengadakan lamaran atau tunangan dalam waktu dekat.

Baca Juga : Catering Jakarta

Hantaran Pernikahan Sederhana

  1. Parcel Buah – Buahan

Pastinya tidak lengkap jika didalam seserahan kita tidak terdapat buah – buahan. seperti jeruk, anggur, apel, pisang dan yang lainnya. Makanan yang alami ini memiliki isyarat bahwa calon pengantin yang ingin menikah nanti diharapkan mendapat rejeki, kenikmatan hidup dan kebahagiaan didalam keluarganya. Buah – buahan yang melimpah ini, juga merupakan simbol dimana calon pengantin diharapkan mempu menghasilkan kebahagiaan bagi orang terdekatnya, baik itu keluarga, teman, sahabat maupun orang lan. Parcel buah – buahan ini cocok sekali buat kamu yang menginginkan hantaran pernikahan sederhana di acara lamaran atau tunangan. 

  1. Makanan Tradisional

Jika salah satu mempelai ada yang berasal dari daerah Jawa, pastinya sudah tidak heran dengan hantaran pernikahan sederhana berupa makanan tradisional. Biasanya makanan atau kue tradisional ini berasal dari bahan baku beras dan ketan dengan resep turun –  temurun yang telah diwariskan oleh leluhurnya. Hantaran pernikahan berupa makanan tradisional ini mengisyaratkan bahwa calon pengantin diharapkan untuk saling menyatu hingga maut memisahkan dan juga diharapkan untuk menjaga silaturahmi antar keluarganya. 

  1. Seperangkat Alat Sholat

Bagi pasangan yang beragama islam, seperangkat alat sholat merupakan hantaran pernikahan sederhana yang sudah dipastikan selalu ada di acara lamaran, tunangan atau pernikahan. Karna setiap umat muslim diharuskan untuk patuh terhadap nilai – nilai agamanya, yang sudah terkandung dan dijelaskan didalam Al- Quran. Maka dari itu, untuk kamu yang ingin memberikan seserahan untuk pasanganmu, jangan lupa untuk memberikan seperangkat alat sholat. Agar Allah SWT selalu senantiasa memberikan rahmat dan rezeki untuk keluarga kamu kelak. 

  1. Satu Set Perhiasan

Perhiasan merupakan salah satu barang yang wajib dan tidak boleh dilupakan dalam hantaran pernikahan kamu. Termasuk berupa cincin yang merupakan simbol ikatan antara kamu dan pasanganmu, didalam ikatan pernikahan yang suci. Selain itu, makna perhiasan ini tentunya agar kekasih atau wanitamu memiliki keberuntungan dan kemakmuran didalam hidupnya. Walaupun perhiasan memang terkesan barang mewah, namun perhiasaan ini termasuk dalam klasisfikasi hantaran pernikahan sederhana ya teman – teman. 

  1. Kosmetik

Kosmetik atau perlengkapan wanita juga termasuk hantaran pernikahan sederhana yang wajib ada di acara seserahan kamu, dan barang – barang yang bisa kamu berikan ialah seperti, Makeup atau skincare hingga aksesoris lain yang masih berkaitan dengan perlengkapan atau kebutuhan wanita. Hantaran perlengkapan wanita ini memiliki arti dan melambangkan bahwa pihak laki – laki mampu memenuhi segala keperluan kekasihnya. oleh karna itu, kosmetik atau perlengkapan wanita cocok sekali menjadi isi didalam hantaran pernikahan kamu.

  1. Daun Sirih

Hantaran pernikahan sederhana yang terakhir ialah daun sirih. Mengapa daun sirih ? Bagi masyarakat Jawa yang ingin memberikan seserahan kerap kali memberikan daun sirih, karna merupakan tradisi turun – temurun yang telah diajarkan oleh para leluhurnya. Daun sirih ini memiliki makna dan simbol dari keselamatan dan kebahagian bagi calon pengantin dan keluarganya nanti. Meskipun daun sirih sedikit berbeda dengan hantaran pernikahan yang sering digunakan oleh kebanyakan orang, namun daun sirih ini mengandung doa baik untuk keberlangsungan hubungan calon pengantin. 

Demikian beberapa inspirasi hantaran pernikahan sederhana yang bisa kami berikan untuk kamu, apapun barang yang akan kamu berikan nanti, kami doakan memiliki makna dan maksud baik untuk pasangan dan keluarga pasanganmu. Terimakasih telah membaca artikel ini.