+628118014006 hello@fergara.org
Dekorasi Pernikahan Tema Rustic
Rustic wedding

Dalam menentukan tema pernikahan yang berkesan tentunya  harus memiliki konsep yang jelas dan juga menarik. Banyak yang bisa kita gunakan untuk mewujudkan hal tersebut. Kita bisa menggunakan tema pernikahan dengan tata cara adat, pernikahan dengan tema modern , ataupun dengan dekorasi pernikahan tema rustic yang sedang hits digunakan dalam pernikahan saat ini. Tema atau gaya ini biasanya dilakukan oleh masyarakat pedesaan di Amerika sejak abad ke-18. Gaya Rustic ini identik dengan sesuatu yang classic dengan ornamen batu dan kayu-kayu yang berkesan lapuk sehingga memiliki kesan classic. Tema ini juga tidak asing dilakukan di Indonesia sejak dulu , karena bangunan di Indonesia juga banyak yang masih mempertahankan ornamen vintage . Meskipun begitu , Gaya atau tema Rustic saat ini jauh dari kata kuno . Dengan keterampilan dan campur tangan gaya modern , gaya ini malah menimbulkan kesan modern nan klasik yang tentunya jauh dari kata norak. 

Gaya Dekorasi Pernikahan Tema Rustic

Dekorasi pernikahan tema rustic memang kental dengan tempat outdoor dan ornamen – ornamen alamnya. biasanya ornamen ini berupa bunga, lampu dan ornamen yang lain. Sering kali ornamen ini terdapat yang asli dan ada juga yang buatan, untuk ornamen bunga biasanya berasal dari bunga yang asli, karna ornamen bunga termasuk ornamen yang mudah dicari sehingga tak perlu menggunakan bunga buatan. Dengan ornamen asli dekorasi pernikahan tema rustic semakin berkesan.

  1. Unfinished

Gaya dekorasi pernikahan tema rustic menggunakan desain yang sederhana dan apa adanya, tanpa menggunakan proses finishing. maka dari itu jika Tema Rustic kamu menggunakan furniture ataupun dekorasi yang berkesan unfinished akan cocok dan terlihat natural. Ditambah dengan venue  yang memiliki lantai serta dinding serupa yang menambah kesan lebih dalam.

  1. Elegan

Sebelumya menggunakan desain yang dikombinasikan dengan gaya classic . Sekarang menggunakan dekorasi pernikahan tema rustic dengan kesan elegan. Dimana kamu bisa menggunakan beberapa ornamen serba blink-blink ataupun lebih pada ornamen yang menggunakan warna emas ataupun perak. Hal ini akan membuat Tema Rustic mu akan terlihat meriah dan berkesan mewah. Warna yang dipadukan juga harus menyesuaikan dengan dekorasi yang kamu gunakan. Yang pasti dipadukan dengan warna monochrome.

  1. Geometric Rustic

Dekorasi pernikahan tema rustic bisa kamu kolaborasikan dengan Geometric konsep. Dimana banyak garis garis lurus ataupun patah-patah. Kamu bisa gunakan di sekitar backdrop pelaminan ataupun sebagai dekorasi pintu masuk . Kamu juga bisa menggunakan konsep Geometric ini pada dekorasi meja penyajian prasmanan yang membuat penyajian makanan kamu menjadi esthetic.

  1. Hiasan Bunga

Seperti yang kita tahu bahwa pedesaan masih banyak tumbuhan alam yang sangat natural . Kamu bisa menggunakan dekorasi bunga di setiap ornamen dekorasi pernikahan tema rustic kamu. Kamu bisa menggunakan bunga di backdrop ataupun di depan pelaminan pernikahan kamu . Bunga yang kamu gunakan juga jangan terlalu mentereng. Akan lebih baik menggunakan bunga yang memiliki kesan klasik. 

  1. Lentera Gantung

Jika acara pernikahan yang kamu langsungkan saat malam hari ataupun dengan kondisi pencahayaan yang cukup gelap . Kamu bisa menambahkan sebuah lampu yang berwarna kuning dan dengan ornamen gantung seperti lentera didalam dekorasi pernikahan tema rustic kamu. Hal ini sangat membantu memberikan kesan yang melekat terhadap tema rustic kamu. Kamu bisa meletakan dan menggantung Lampu tersebut di beberapa area seperti tempat makan , tempat duduk tamu , ataupun di depan pintu masuk . 

  1. Bunga dan tanaman kering

Untuk menambahkan kesan Rustic , kamu bisa menggunakan bunga kering ataupun tanaman kering yang bisa diletakan di beberapa area didalam dekorasi pernikahan tema rustic kamu. Kamu bisa menggunakan daun besar yang kering sebagai latar dan kamu kombinasikan dengan bunga kering di depannya. Kamu juga bisa menggunakan bunga kering pada bukit pernikahan yang dipegang oleh calon pengantin wanita ataupun bukit yang dilemparkan kepada hadirin. Warna dari bunga ini juga lebih baik menggunakan warna pastel seperti ungu ataupun pink.

  1. Perbukitan

Nah jika kamu ingin menambahkan Kesan yang lebih natural lagi , kamu bisa mengadakan resepsi di sebuah perbukitan. Jika memilih  tempat ini kamu akan sedikit repot, tetapi kamu akan mendapatkan suasana yang sesuai . Karena dekorasi pernikahan tema rustic sendiri memiliki tema atau konsep yang dekat dengan alam sekitar. 

  1. Intimate Backyard

Pernikahan rustic ini menggunakan tema serba hijau dimana , banyak sekali ornamen dedaunan , ornamen kayu , dan dekorasi terrarium yang dipadu dengan  pepohonan yang cukup rindang. Biasa konsep ini diselenggarakan di hutan ataupun ditaman yang masih kaya ornamen alamnya. sehingga dekorasi pernikahan tema rustic kamu semakin berkesan

  1. Hutan Pinus

Ornamen pinus paling sering direkomendasikan oleh Wedding Organizer kepada para client nya yang ingin menggunakan tema Rustic. Hutan Pinus menjadi wilayah yang paling cocok. Dengan pohon pinus yang sangat tinggi dan tidak berhimpitan , Membuat pernikahan akan terkesan luas tanpa batas. Dekorasi yang diperlukan juga tidak banyak , karena tempat yang satu ini memiliki suasana yang sudah cocok . Cukup ornamen lampu rumbai-rumbai dan beberapa bunga yang ditempel saja sudah membuat suasana pernikahan kamu berkesan ramai.

  1. Gaun Bridesmaid dan Groomsmen

Nah yang terakhir adalah para pengiring pengantin yang membuat suasana akan menjadi lebih meriah. Hal ini sangat khas sekali bila kamu mengadakan konsep atau tema rustic. Ditambah dengan pakaian atau gaun yang dikenakan dengan warna pastel yang kalem .  kemudian Groomsmen yang menggunakan jas hitam . Bridesmaid dan Groomsmen  atau pengiring pengantin ini bertugas sebagai pemeriah dan juga membantu segala persiapan dari kedua pengantin. 

Nah itu dia beberapa ornamen ataupun tema yang bisa kamu padukan jika ingin menggunakan Tema Rustic pada pernikahan kamu. Kamu bisa menggunakan beberapa inspirasi diatas , ataupun kamu bisa memadukan beberapa ornamen lain yang belum ada diatas. Ohya, kamu juga perlu menggunakan tempat yang cukup terbuka untuk mengadakan pesta pernikahan dengan tema Rustic. Seperti yang kita tahu bahwa tema ini akan memiliki kesan yang dalam jika kamu melangsungkanya ditempat yang luas dan juga di alam terbuka . Sebenarnya jika kamu ingin melangsungkan digedung juga bisa , namun kesan tersebut lebih cocok untuk pernikahan yang bertemakan modern. Tentunya kamu juga perlu menyiapkan hidangan catering dan mencari Vendor WO yang mumpuni. Kamu bisa menggunakan vendor dari https://fergara.org/ . Kamu juga bisa  mencari tahu mengenai informasi lebih lengkap mengani konsep ini dan berkonsultasi dengan pihak vendor tersebut. Fergara ini  menyediakan catering dan juga Wedding Organizer  dan sudah sering melayani permintaan Rustic Wedding. Kamu tidak perlu ragu lagi dengan mereka, karena mereka juga siap membantu kamu untuk menyediakan semua kebutuhan pernikahan. Semoga refrensi ini bisa menjadi bermanfaat untuk kamu yang ingin melangsungkan pernikahan dengan tema Rustic .