+628118014006 hello@fergara.org
Surat Numpang Nikah

Pernikahan memang acara yang perlu dipersiapkan dengan matang. Mulai dari tahap awal, yaitu keyakinan calon pengantin hingga pada tahap akhir, resepsi pernikahan. disamoing itu, terdapat beberapa persiapan persyaratan dan dokumentasi sebelum menikah, apalagi jika kamu ingin melangsungkan pernikahan tersebut diluar kota. 

Jika pernikahan kamu dilakukan diluar kota, kamu diharuskan mengurus dokumen atau surat numpang nikah. Surat ini akan dibutuhkan ketika kamu ingin mendaftarkan pernikahanmu di KUA kota tempat kalian akan melangsungkan pernikahan. Dalam mengurus surat numpang nikah ini, pastinya akan membutuhkan tenaga lebih dan mengganggu aktivitas kamu banget, apalagi kalau kamu belum paham apa saja persyaratan dan cara mengurus surat numpang nikah ini. Namun tidak perlu khawatir, dengan membaca artikel ini sampai akhir kamu akan mendapatkan referensi baru tentang surat numpang nikah ini.

Baca Juga : Wedding Organizer

Persyaratan Mengurus Surat Numpang Nikah

Dulu, pernikahan biasanya dilakukan berdasarkan kota asal mempelai wanita, hal ini terjadi karna kentalnya tradisi mempelai wanita, namun ada sebagian wanita yang tidak mengikuti tradisi ini dan menikah di kota asal mempelai laki-laki atau kota lain yang sudah ditentukan bersama. Jika kamu menikah di kota lain, kamu diharuskan mengurusi surat numpang nikah. Berikut persyaratannya :

  1. Meminta Surat Pengantar dari RT dan RW

Tahap awal jika kamu ingin mengurus surat numpang nikah ialah meminta surat pengantar RT dan RW. surat pengantar ini menjadi tahap awal dalam membuat surat numpang nikah. Jika kota asal kamu di Jakarta, dan kamu ingin menikah di lain kota maka kamu diharuskan lebih dulu meminta surat pengantar RT dan RW ditempat tinggal kamu yang tercantum didalam kartu tanda penduduk (KTP). Berkas yang dibutuhkan ialah : Materai, Fotokopi Kartu Keluarga dan Fotokopi KTP kamu dan pasanganmu

2. Meminta Surat Pengantar dari Kelurahan

Langkah kedua setelah kamu mendapatkan surat pengantar dari RT dan RW ialah meminta surat pengantar dari kelurahan. ingat ya, kelurahan di tempat kamu tinggal saat ini. dan biasanya jika kamu sudah dikeluarahan, kamu akan mengisi formulir N1, N2, N4 dan surat keterangan belum menikah. Berkas – berkas yang dibutuhkan ialah : Fotokopi KTP Orang Tua, Fotokopi KTP  kamu dan pasanganmu, Pas foto 3 x 4 berlatar biru dan pas foto 2 x 3 ( Masing -masing 2 lembar ), Fotokopi KK kamu dan pasangan, surat pengantar RT dan RW dan biaya administrasi (Optional).

3. Meminta Surat Rekomendasi Surat Numpang Nikah ke KUA

Langkah selanjutnya ialah meminta surat rekomendasi ke KUA, setelah dokumen dari RT/RW dan kelurahan sudah kamu persiapan. Kamu selanjutnya mendatangi KUA yang sesuai tempat tinggal kamu. Namun surat rekomendasi ini memiliki masa berlaku, sehingga kamu perlu memberikan surat tersebut lebih cepat ke KUA tujuanmu. Berkas – berkas yang dibutuhkan ialah : Biaya administrasi (Optional), Fotokopi KTP Orang Tua, Fotokopi KTP  kamu dan pasanganmu, Pas foto 3 x 4 berlatar biru dan pas foto 2 x 3 ( Masing -masing 2 lembar ), Fotokopi KK kamu dan pasangan dan surat pengantar dari kelurahan.

4. Mendatangi KUA Tujuan

Mendatangi KUA tujuan merupakan langkah terakhir dalam mengurus surat numpang nikah, pastinya dalam kunjungan ini kamu diharapkan membawa semua berkas – berkas penting lainnya. Dalam kunjungan ke KUA ini, berkas – berkas yang perlu kamu persiapkan ialah : Pas foto 3 x 4 berlatar biru dan pas foto 2 x 3 ( Masing -masing 2 lembar ), Fotokopi Akta Kelahiran kamu dan pasanganmu, Fotokopi Ijazah terakhir kamu dan pasanganmu, Fotokopi KK kamu dan pasanganmu, Fotokopi KTP kamu dan pasanganmu, dan yang tidak boleh dilupakan ialah surat rekomendasi numpang nikah dari KUA daerah asal kamu.

Baca Juga : 7 Kemudahan Menggunakan Jasa Wedding Organizer 

Nah itu semua tahapan dan persyaratan yang diperlukan jika kamu ingin mengurus surat numpang nikah dari asal daerah kamu hingga kota tujuan menikah kamu. formulir tersebut perlu kamu perhatikan ya teman – teman, karna sering sekali ketika pasangan sedang mengurus surat numpang nikah ada yang terlewatkan, dan pastikan semua formulir dan dokumen tidak ada yang hilang ataupun rusak ya.